Thursday, December 15, 2011

Mengontrol Keuangan Pribadi dengan Pemrioritas Kebutuhan

            Sebagai mahasiswa tidak dipungkiri lagi bahwa uang yang dimiliki berasal sebagian besar dari orang tua, namun ada pula yang sudah memiliki penghasilan sendiri karena bekerja sambil kuliah. Karena uang yang dimiliki tidak lebih besar dari kebutuhan yang dikeluarkan sebagai mahasiswa maka memprioritaskan kebutuhan yang paling utama adalah hal yang paling tepat dilakukan.
            Kebutuhan sebagai mahasiswa sangatlah banyak, maka kita harus mengetahui mana yang merupakan kebutuhan yang utama. Kebutuhan utama mahasiswa adalah kebutuhan seseorang yang diperlukan pada saat tertentu yang wajib dipenuhi saat itu juga atau dalam jangka waktu yang dekat, karena bila tidak dipenuhi akan mengganggu kegiatan pembelajaran.
            Sebagai mahasiswa banyak kebutuhan utama untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas, sebagian besar mahasiswa masih kurang mengetahui mana yang merupakan kebutuhan utama. Karena tidak mengetahui kebutuhan utama sebagai mahasiswa maka mereka lebih memprioritaskan untuk hiburan seperti membeli rokok, menonton film di bioskop, karoke, bermain biliard, dan masih banyak lagi yang cukup menguras uang mahasiswa. Karena itu kita harus tahu apa saja yang merupakan kebutuhan utama sebagai mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.
            Contoh kebuthan utama sebagai mahasiswa yang harus diprioritaskan adalah seperti kebutuhan alat tulis, buku tulis (binder), buku pelajaran (buku paket), dan masih banyak lagi. Selain itu masih ada hal yang sering mahasiswa luput yaitu foto copy, print materi, dan kerja kelompok merupakan kebutuhan utama yang harus diprioritaska, karena kegiatan itu tidak diduga-duga dan wajib maka harus ada uang yang cukup banyak.
            Foto Copy dan Print materi merupakan salah satu alat bantu dalam kegiatan perkuliahan dan membutuhkan uang yang cukup besar dan tidak bisa diduga, salah satu cara untuk mengatasi itu adalah dengan mempersiapkan uang setiap bulan untuk berjaga-jaga selain itu agar tidak memberatkan orang tua.
            Kebutuhan utama sebagai mahasiswa memang banyak tetapi bila diatur dengan baik kita akan merasakan uang yang tidak kekurangan, selain itu kita bisa menyisihkan uang sebagai tabungan selain itu kita bisa mendapatkan hiburan seperti mononton di bioskop dengan sisa uang dengan syarat tidak berlebihan.

No comments:

Post a Comment