Sunday, May 20, 2012

Mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih Tutup Usia


Indonesia kembali kehilangan Srikandi hebat ditahun ini yaitu Mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, beliau meniggal dunia pada hari rabu 2 Mei 2012 tepat pukul 11.41 di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangungkusomo Jakarta Pusat.
            Endang Rahyu Sedyanigsih merupakan menteri kesehatan priode 2009-2014 yang dipimpin oleh Presiden Bambang Susilo Yudoyono, namun pada tanggal 26 april 2012 beliau mengundurkan diri karena sakit yang diderita tidak kunjung sembuh tetapi semaikn parah. Selain itu beliau mengundurkan diri karena ingin fokus dalam pengobatannya dan beristirahat lebih banyak.
            Endang R Sedyaningsih meninggal karena sudah tidak dapat melawan penyakit kanker paru-paru yang telah diderita sejak tahun 2010. Beliau lahir pada tanggal 1 Februari 1955 beliau meninggalkan dua orang putra dan satu orang putri.
            Pendidikan Beliau dimulai dari Banyumas, selepas SMA beliau melanjutkan studi di Universitas Indonesia fakultas kedokteran tahun 1979, lalu mengambil  spesialisasi Kesehatan Masyarakat di Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat pada tahun 1992 dan menyelesaikan program doktor pada tahun1997.
            Pendidikan cemerlang yang dimiliki almarhum menempatkan beliau diposisi penting dalam pekerjaan. Pertama lulus almarhum langsung bekerja di Rumah Sakit Umum Pertamina, hanya dua tahun bekerja dirumah sakit pertamina beliau bekerja di nusa tenggara timur menjadi kepala puskesmas di waipare selama 3 tahun, lalu kembali lagi ke jakarta bekerja sebagai pegawai di Dinas Kesehatan Pemerintah DKI Jakarta.
            Setelah menyelesaikan pendidikan di Amerika almarhum bekerja di kementerian kesehatan dan menduduki beberapa jabatan penting seperti Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan. Dan mencapai puncak karir ketika menduduki menteri kesehatan  pada Kabinet Indonesia Bersatu semenjak 22 Oktober 2009.
            Jenazah disemayamkan dirumah duka 2 Mei 2012 pada jam 19.00 WIB yang lalu jam 20.00 dipindahkan ke kantor kementerian kesehatan sampai pagi hari, setelah itu jenazah akan dikebumikan di Taman Makam San Diego Hills pada hari Kamis.             

No comments:

Post a Comment