Tuesday, April 30, 2013

Tugu Kujang Icon Kota Bogor & Hotel Amaroossa




            Tugu Kujang Bogor akan menyambut wisatawan dari luar kota maupun mancanegara, karena tugu kujang terletak di pusat kota Bogor diantara jalan Padjajaran & Oto  Iskandar Dinata yang hanya berjarak 50 meter dari pintu tol jagorawi. Nama Tugu Kujang diberikan karena tepat di puncak tugu ada Kujang, Kujang merupakan senjata pusaka Khas yang berasal dari Bogor sejak zaman kerajaan.
            Tugu Kujang didirikan 3 Juni 1982 dalam rangka menyambut hari jadi kota Bogor yang ke-500 memiliki tinggi 17meter sedangkan tinggi replika kujang 6 meter dan memiliki lambang kota bogor ditugunya. Tugu kujang tepat membelakangi Gunung Salak yang merupakan bagian hidup dari warga bogor, selain itu pemandangan gunung salak memperindah Tegaknya Tugu Kujang.
            Namun Kegagahan dan keindahan Tugu Kujang mulai terusik karena pemerintah kota Bogor memberikan izin pendirian Hotel Amaroossa yang tepat berada dibelakang Tugu Kujang, pendidiran hotel Amarossa sangat mencederai hati warga kota Bogor. Hal itu dikarenakan hotel Amarosossa memiliki tinggi 14 lantai membuat Tugu Kujang yang gagah menjadi terlihat kerdil karena tingginya hanya 17 meter. Selain itu pemandangan tugu kujang yang gunung salak pun tertutup karena adanya pembangunan hotel tersebut.
            Kini masyarakat Bogor mulai melirik kembali tugu kujang untuk membela kegagahan tugu kujang yang memiliki nilai filosofi tinggi bagi berdirinya kota bogor, dan membirikan nilai ke originalan dari modernisasi.

No comments:

Post a Comment