Tuesday, November 2, 2010

Pahlawan Merapai


Mungkin akhir-akhir  ini Indonesia banyak mengalami kedukaan seperti yang terjadi di Gunung Meletus di  Yogyakarta, dan Gempa disertai Tsunami di Mentawi Sumatra Barat. Banyak sekali nyawa yang hilang, tetapi ada sosok yang selalu masuk dalam media di Indonesia karena kepergianya.
Beliau adalah Raden Ngabehi Surakso Hargo atau yang lebih akrab ditelinga Mbah Maridjan beliau  lahir di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, 1927.
Beliau adalah seorang juru kunci gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Setiap gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando dari beliau untuk mengungsi.
Mbah maridjan mulai menjabat sebagai wakil juru kunci pada tahun 1970. Jabatan sebagai juru kunci lalu ia sandang sejak tahun 1982.
Sejak kejadian Gunung Merapi mau meletus tahun 2006, Mbah Maridjan semakin terkenal. Hal itu dikarenkan ramalanya yang sangat akurat tantang gunung merapai yang tidak akan meletus saat itu, padahal sejumlah ilmuan menyebutkan merapi akan meletus.
            Semua warga mengungsi hanya mbah maridjan yang tidak pergi karena ia rela mati dan percaya kepada merapi, kenyatanya Gunung Merapi tidak meletus sesuai yang dikatakan mbah maridjan.
            Namun hal tersebut tidak terjadi lagi pada 26 oktober 2010 Merapi di kabarkan akan meletus, dan mbah maridjan tidak mau pergi. Akhirnya mbah maridjan meninggal dunia karena gunung merapi dalam keadaan sujud ketika shalat di rumahnya.
            Semua rakyat Indonesia kehilangan sosok penting karena beliau telah menyerahkan seluruh hidupnya untuk Menjaga Gunung Merapi dan beliau meninggal funia karena Gunung Merapi.
            Mbah maridjan tidak pernah menyalahkan Gunung Merapi ia hidup karena merapi, hidup untuk merapi. Jadi beliau rela mati untuk merapi. Beliau pernah menjadi bintang iklan salah satu minuman ber energy dan uang dari honornya diberikan untuk pembangunan jalan, mesjid di gunung merapai,dan sebagian diberikan kepada tetangga-tetangganya.
            Sesuatu yang dapat kita ambil dari sosok mbah maridjan adalah ia sangat mencintai pekrjaanya walaupun merelakan nyawanya sampai mati, dan keberanianya. Selain itu juga kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
            Mungkin mbah maridjan telah tiada, namun segala yang dilakukanya dan dikorbankanya menjadi teladan bagi kita.
Sumber : www.wikipedia.com

No comments:

Post a Comment