Thursday, November 10, 2011

Dampak Iklan di Televisi

Televisi merupakan salah satu sarana hiburan bagi masyarakat di Indonesia, hampir seluruh rumah di Indonesia memiliki alat ini. Dengan melihat pentingnya televisi bagi orang-orang di Indonesia menimbulkan peluang yang sangat besar bagi banyak pihak, salah satunya adalah iklan.
                Iklan adalah sarana penyampaian informasi suatu produk dari produsen ke orang banyak melalui media cetak, radio, televisi, bahkan di jalan raya, dan masih banyak lagi. Iklan di televisi merupakan media yang paling bagus dalam sarana penyampaian iklan karena memiliki keunggulan yaitu bisa dilihat dan memiliki suara selain itu iklan dari televisi bisa mencakup sampai ke pelosok negeri.
                Pentingnya televisi sebagai sarana penyampaian iklan maka iklan yang dibuat untuk televisi semakin banyak dan memiliki perbedaan yang sangat banyak, tetapi tujuanya tetap menyampaikan informasi dari produk dan mempromosikanya. Kemasan dari iklan memiliki nilai yang sangat penting, jika iklan tidak menarik maka penoton kurang tertarik untuk melihat iklan tersebut.
                Kemasanan dari iklan di televisi memiliki dampak positif dan negatif bagi orang yang menyaksikan iklan tersebut. Dampak positif iklan di televisi ada banyak seperti kita dapat membandingkan produk yang sejenis, mengetahui informasi yang tidak ketahui seperti info tentang penyakit, dan masih banyak lagi dampak positiv lainnya.
                Selain dampak positif ada pula dampak negatif dari iklan di televisi seperti produk yang ada di iklan dan kenyataanya tidak sesuai dengan kata lain pembohongan publik, kemasan dari iklan tidak pantas di lihat oleh anak-anak kecil, isi dari iklan kurang menggambarkan realita hanya khayalan, isi iklan kurang mendidik, dan masih banyak lagi.
                Damapak negatif timbul karena pembuat iklan hanya memikirkan tentang promosi produk dan keutungan sehingga kurang menyesuaikan dengan kenyataan atau kekurangan dari produk tersebut. Dengan tulisan ini semoga kita bisa lebih bijaksana lagi dalam menilai produk bahkan untuk membeli produk tersebut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment