Sunday, November 6, 2011

Fotocopy Ramah Lingkungan

Mesin Fotocopy merupakan salah satu alat pembantu kerja di zaman modern untuk menyalin keratas dari dokumen atau buku. Mesin fotocopy tidak digunakan oleh  kalanganan pekerja saja, tetapi digunakan oleh banyak orang mulai dari pelajar sampe pensiunan bahkan ibu rumah tangga.
                Selain dampak positif yang diberikan oleh Mesin Fotocpy ada pula dampak negative bagi lingkungan. Mesin fotocopy membutuhkan kertas untuk salainan dari dokumen-dokumen yang di perbanyak, kertas adalah masalah dari mesin fotocopy. Karena kertas di hasilkan dari pohon-pohon di hutan yang di tebang, pohon di hutang merupakan paru-paru oksigen bagi dunia ini. Jadi dapat dibayangkan apa yang terjadi bila hutan kita rusak hanya karena untuk selembar kertas.
                Gundulnnya hutan memiliki dampak yang sangat besar untuk tumbuhan, hewan, bahkan manusia. Hutan yang gundul dapat mengakibatkan banjir, longsor, dan bencana lainya. Maka sejak kini mulailah melakukan fotocopy yang ramah lingkungan.
                Salah satu pabrikan elektronik terkenal di dunia yang berasal dari jepang telah menciptakan mesin fotocopy ramah lingkungan, karena kertas yang digunakan bisa lebih dari satu kali. Selain itu juga kita dapat menghemat kertas dengan hal yang kecil seperti melakukan fotocopy balak-balik, menggunakan kertas buram, menggunakan kertas bekas yang tidak terpakai, penghematan dan lainya.
                Fotocopy dengan menggunakan kertas yang bolak-balik dapat menghemat 1  kertas setiap fotocopy dapat dibayangkan betapa hematnya bila seluruh dunia melakukan fotocopy bolak-balik. Menggunakan kertas daur ulang ( kertas Buram ) juga salah satu  cara menghemat karena kertas ini dihasilkan dari sisa-sisa kertas yang tidak digunakan lagi, dengan kata lain kertas ini tidak perlu menebang pohon.
                Menggunakan sisa kertas yang tidak kita gunakan lagi (sisi lain yang kosong ) sangat menghemat karena tidak perlu lagi menggunakan kertas baru. Selain hal yang diatas kita juga harus lebih hemat dalam melakukan fotocopy, bila dokumen tidak penting tidak perlu di fotocopy.
                Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk melakukan fotocopy ramah lingkungan selain hal yang diatas, maka sejak kini mari menjaga dunia dari hal yang kecil memiliki dampak besar bagi dunia.

Nama    : Daniel Michael
NPM    : 22209085
Kelas    : 3EB01

1 comment:

  1. kalo pake kertas buram merusakkan mesin apalagi mesin fotocopynya udah digital

    ReplyDelete